-->

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemberian Pakan Ikan Lele

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemberian Pakan Ikan Lele - Beternak ikan lele merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni. Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang banyak digemari sehingga peluang bisnis lele ini sangat menjanjikan. Selain rasanya yang gurih, ikan lele ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik, lele memiliki kandungan protein lengkap, sumber vitamin B-12 dan mengandung asam lemak sehat. 


Di Indonesia sendiri banyak sekali orang yang menggemari ikan ini sebagai bahan konsumsi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Karena selain cara pengolahan yang mudah dan rasanya yang lezat, dibandingkan jenis ikan lainnya ikan lele memiliki harga yang sangat ekonomis di pasaran.

Dalam Proses Budidaya Ikan Lele banyak faktor yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu pemberian pakan ternak. Pemberian pakan ikan lele merupakan hal yang harus benar-benar diperhatikan. Hal ini juga merupakan hal yang sangat menentukan dalam budidaya ikan lele itu sendiri. Proses bemberian pakan ikan lele berpengaruh dalam tingkat kematian dan tumbuh kembang ikan lele. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemberian pakan ternak yang harus diperhatikan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemberian pakan ternak :

1. Pemberian Pakan Ikan Lele yang Terjadwal dan Teratur


Pemberian pakan ternak lele sebaiknya dilakukan dengan terjadwal. Anda harus menentukan kapan waktu pemberian dan juga intensitas pemberian makanan ikan lele ini dalam sehari. Adapun pemberian pakan paling baik minimal 2 kali. Seperti misalnya untuk sehari dilakukan sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari, bisa juga 3 kali pada pagi hari, kemudian siang hari dan juga malam hari. 

2. Menyesuaikan Ukuran Pelet dengan Ukuran Lele

Seperti kita ketahui di pasaran sudah banyak beredar makanan pellet untuk ikan lele dengan ukuran yang bervariasi. Sebaiknya sesuaikan ukuran pellet tersebut di tiap-tiap pertumbuhan ikan lele, diawali dari pellet yang terkecil lalu bertahap untuk dinaikkan ukurannya hingga menjadi pellet lebih besar. Pakan ikan lele untuk pellet ukurannya terlalu besar bisa menyulitkan lele saat makan. 

3. Basahi Pelet Sampai Mengembang 

Lele merupakan jenis ikan paling doyan makan dan rakus. Agar menghindari banyaknya makanan ke perutnya, sebaiknya lembabkan makanan pelet ikan lele ini dengan dibasahi air hingga merata lalu biarkan hingga beberapa menit supaya volume dari pelet mengembang. Sebab biasanya ikan ini akan makan pelet dengan jumlah lebih banyak jika pelet dalam kondisi ditebar kering daripada pelet dibasahi menggunakan air sebelumnya. 

4. Menambahkan Probiotik dan Vitamin 

Selain pakan ikan lele dibasahi, sebaiknya pakan ikan dicampurkan juga memakai vitamin dan probiotik. Biasanya kita bisa membeli vitamin dan probiotik dalam 1 paket botol yang bisa dibeli di toko pakan ikan. Disamping baik untuk ikan, probiotik pun bisa mempertahankan kualitas air serta menguraikan semua sisa dari bahan organic pada kolam, dengan begitu tak mengganggu kesehatan dari ikan lele.

5. Pemberlan Makan Seperlunya 

Pemberian pakan ikan lele juga dilakukan lewat penebaran yang berangsur-angsur, usahakan untuk tidak melempar langsung pada kolam. Jika sekiranya ikan tampak sudah tak lagi nafsu untuk mengejar makanan, maka sebaiknya penebaran pakan dihentikan segera. Hal tersebut dilakukan agar menghindari pelet yang tersisa banyak dan akan tenggelam pada dasar kolam sehingga bisa mempengaruhi kualitas dari air kolam.

0 Response to "Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemberian Pakan Ikan Lele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel