-->

Tips Penting Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah

Tips Penting Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah - Beternak ikan lele merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan untuk ditekuni. Ikan lele menjadi salah satu jenis ikan yang banyak digemari sehingga peluang bisnis lele ini sangat menjanjikan. Selain rasanya yang gurih, ikan lele ini memiliki kandungan gizi yang sangat baik, lele memiliki kandungan protein lengkap, sumber vitamin B-12 dan mengandung asam lemak sehat. 


Di Indonesia sendiri banyak sekali orang yang menggemari ikan ini sebagai bahan konsumsi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Karena selain cara pengolahan yang mudah dan rasanya yang lezat, dibandingkan jenis ikan lainnya ikan lele memiliki harga yang sangat ekonomis di pasaran.

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah dengan mudah. Ikan lele merupakan sejenis ikan paling banyak diminati khususnya bagi masyarakat Indonesia. Ada beberapa jenis kolam tanah yang digunakan untuk budidaya ikan bisa dipilih sesuai dengan area budidaya Ikan lele merupakan sejenis ikan yang mempunyai daya tahan cukup baik jadi bisa dibudidayakan cukup mudah. 

Adapun salah satu jenis kolam paling mudah dibuat serta tak membutuhkan modal besar yaitu kolam tanah. Cara budidaya ikan lele di kolam tanah memang lebih banyak disukai, disamping caranya yang mudah juga biaya produksinya memiliki nilai tambah yang tersendiri. Adapun nilai tambah dari cara ternak ikan lele di kolam tanah itu sendiri yaitu lele memperoleh pakan alami. 

Proses Pengeringan Kolam


Pada pembuatan kolam, umumnya para peternak sendiri membuatnya berbentuk kotak atau persegi panjang. Budidaya ternak ikan lele yang dilakukan pada kolam tanah tak membutuhkan ukuran pasti, dengan begitu Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan area dan kebutuhan. Dalam cara budidaya ikan lele di kolam tanah ini sesudah kolam dibuat, sebaiknya dikeringkan lebih dulu supaya mikroorganisme yang jahat bisa mati. Proses pengeringan dilakukan untuk waktu lebih dari satu minggu. Upayakan sebisa mungkin agar tanah kering terlebih dulu sampai tampak pecah-pecah akibat kurang air.

Pengapuran dan Pemupukan Kolam

Usaha budidaya ikan lele di kolam tanah berikutnya yaitu melalui pengapuran. Caranya tebarkan kapur tohor atau dolomit di seluruh bagian permukaan kolam lele yang masih belum diberikan air. Sementara dosis dolomit yang pakai pada cara budidaya ikan lele di kolam tanah ini yaitu 250-750 gram di tiap 1 meter persegi. 

Sehingga bakteri pathogen yang jahat pada kolam pun akan mati. Disamping itu, cara tersebut pun bisa dijadikan sebagai penyeimbang dari kadar asam di kolam.

Pengaturan Air Kolam

Cara budidaya ikan lele di kolam tanah berikutnya yaitu dengan cara pengaturan air pada kolam sesudah kolam siap digunakan. Pada pengisian air tersebut Anda mesti melakukannya dengan bertahap melalui pengisian pertama dengan ketinggian mencapai 30-40 cm. Sesudah diisi air yang sudah ditentukan, biarkan hingga 1 minggu, lalu isi kembali dengan air sampai ketinggiannya mencapai 100-120 cm. 

Tipe Kolam Tanah

Sebenarnya ada beberapa jenis kolam tanah itu sendiri, yakni kolam tanah memakai tanggul tanah, kolam tambah air payau dan juga kolam tanah memakai batu atau tembok. Untuk kolam tanah memakai tanggul tanah umumnya dipakai para petani tradisional. Adapun pembuatan kolam jenis ini tergolong lebih mudah dan murah. Akan tetapi pemeliharaannya membutuhkan ketelatenan sebab tanggul untuk kolam sendiri mudah bocor dan rusak. 

Kolam ikan memakai tanggul tembok atau kolam semi intensif tergolong lebih tahan lama. Selain itu, tanggul kolam pun tak akan mudah rusak karena gangguan binatang. Dimana kolam jenis ini dapat digunakan dalam budidaya ikan baik ikan belut atau ikan lele. Sementara untuk tambak dari air payau umumnya dipakai petani ikan di area dekat laut. Tambak berupa kolam dari air tenang yang berukuran lebih besar. Umumnya ukurannya maksimal 1000 m2, sedangkan sumber pengairan dari tambak sendiri asalnya dari air payau.

Semoga artikel tips penting budidaya ikan lele dapat memberikan wawasan cara budidaya ikan lele yang baik.. salam sukses...

0 Response to "Tips Penting Budidaya Ikan Lele di Kolam Tanah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel