-->

10 Cara Mencegah Penularan Penyakit Ikan Lele

10 Cara Mencegah Penularan Penyakit Ikan Lele - Ikan lele merupakan ikan yang banyak di gemari untuk di budidayakan karena selain mudah untuk di ternakkan, ikan ini juga memiliki banyak penggemar, terutama di Indonesia. Terkadang dalam proses budidaya, kita menemukan kendala, Ikan lele yang kita ternakkan terserang penyakit. Walaupun kita telah mengikuti prosedur yang benar dalam budidaya ikan lele, terkadang ikan lele yang kita budidayakan suka terserang penyakit berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit menular. Lebih lagi jika penangan air yang kurang baik, atau juga bisa disebabkan faktor-faktor lain, dibawah ini adalah 10 cara untuk menghindari menularnya penyakit pada ikan lele.ikan lele dumbo sangkuriang phyton


Untuk menghindari terjadinya penularan penyakit, maka hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
  1. Segera untuk memindahkan bilamana ada ikan lele yang menunjukan gejala terserang penyakit dan segera obati secara terpisah dari lele lainnya.
  2. Bila ada ikan lele yang sudah terlihat cukup parah dianjurkan segera dimusnahkan saja karena walaupun diobati dan dapat sembuh lele tersebut tidak akan normal pertumbuhannya.
  3. Awas jangan pernah melakukan pembuangan air limbah (bekas) lele yang terserang penyakit ke saluran air yang ada ikannya.
  4. Bila menggunakan kolam tanah dan terserang penyakit maka segeralah keringkan kolam, segera beri pengapuran. Untuk proses pengapuran rekan budidaya lele bisa menggunakan dosis 1kg untuk 1 meter/segi, usahakan menebar kapur sampai rata semua di dasar kolam, jangan di isi dulu air sampai tanah benar-benar kering dan retak-retak.
  5. Padat tebar di kolam yang terserang penyakit usahakan untuk dikurangi dari biasanya.
  6. Bila mau menggunakan peralatan seperti serok ataupun wadah maka usahakan untuk mencelupkannya terlebih dahulu kedalam larutan PK atau larutan kaporit, ini dimaksudkan agar peralatan yang kita gunakan tidak terkontaminasi alias sucihama.
  7. Bila kita habis memegang ikan lele yang terserang penyakit, usahakan untuk mencuci tangan kita dengan larutan PK
  8. Jangan lupa untuk dibiasakan membersihkan lumpur yang ada pada dasar kolam serta sisa-sisa bahan organik lainnya.
  9. Aturlah agar kolam selalu mendapatkan pasokan air baru yg bersih dari penyakit.
  10. Dan yang terpenting adalah meningkatkan gizi pakan yang kita berikan serta tambahkan pula vitamin agar ikan mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

Demikianlah 10 poin dasar agar ikan lele yang kita budidayakan bila terserang penyakit dan tidak menular pada ikan lele lainnya. Semoga tulisan ini bermanfaat, untuk budidaya ikan lele sukses dan menghasilkan keuntungan yang maksimal.

(sumber: ogasfarm)

0 Response to "10 Cara Mencegah Penularan Penyakit Ikan Lele "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel