-->

Melakukan Pemijahan/Mengawinkan Ikan Lele Dengan Penyuntikan Hormon Perangsang

Melakukan Pemijahan/Mengawinkan Ikan Lele Dengan Penyuntikan Hormon Perangsang - Dalam melakukan pemijahan atau mengawinkan ikan lele terdapat 4 teknik yang biasa dilakukan oleh para peternak ikan lele. Dari berbagai cara pemijahan ikan lele, tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini adalah 4 cara pemijahan ikan lele :
  1. Pemijahan Ikan Lele Secara Alami
  2. Pemijahan Ikan Lele Dengan Penyuntikan Hipofisa
  3. Pemijahan Ikan Lele Dengan Penyuntikan Hormon Perangsang
  4. Pemijahan Ikan Lele Dengan Cara In Vitro

Dari keempat cara pemijahan ikan lele tersebut, jika kita ingin memijahkan ikan lele sendiri, maka pilihlah cara yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan, kemampuan, dan sumber daya yang ada di sekitar kita, semoga bisa membantu.


Dengan pilihan cara yang tepat dan langkahnya yang benar, tentu saja pemijahan ikan lele yang kita lakukan akan sukses dan menghasilkan benih lele yang berkualitas. Kali ini kita akan membahas teknik pemijahan dengan penyuntikan Hormon Perangsang.

Pemijahan Ikan Lele Dengan Penyuntikan Hormon Perangsang

Pemijahan ikan lele dengan metode penyuntikan hormon perangsang lebih praktis dilakukan karena tidak memerlukan ikan donor dan tidak ada resiko kegagalan dalam mengekstrak hipofisa. Hormon untuk penyuntikan yang banyak dijual antara lain ovaprim dan Chorulon. Hormon akan mempengaruhi kelenjar hipofisa yang berfungsi merangsang pertumbuhan dan pematangan sel telur.


Sama seperti metode lainnya, kondisi calon induk ikan lele harus sudah matang gonad. Induk yang disuntik adalah jantan dan betina. Dosis penyuntikan dengan hormon perangsang ovaprim adalah 0,3-0,5 ml per kg bobot induk atau sesuaikan dengan petunjuk pemakaian. Sebelum disuntikan, hormon perangsang seperti ovaprim harus diencerkan dengan akuadestilata 3 kali lipatnya.

Proses penyuntikan dengan hormon perangsang sama dengan proses penyuntikan dengan kelenjar hipofisa. Dan, proses pemijahannya sama dengan pemijahan ikan lele secara alami.

Sumber : Alamtani

0 Response to "Melakukan Pemijahan/Mengawinkan Ikan Lele Dengan Penyuntikan Hormon Perangsang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel